Tuesday, November 15, 2011

After New Media

New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh mungkin Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.

    Kata media dapat diartikan secara luas, Media menurut bahasa berarti perantara. Pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru.
     Sebelum adanya New Media, kita hanya bisa berkomunikasi dan bersosial dengan orang sekitar saja, jika ingin berkomunikasi jarak jauh hanya dengan media terbatas seperti surat. Untuk mendapatkan berita saja kita hanya bisa mengandalkan radio atau televisi. Dengan adanya New Media, bukan hanya dengan orang sekitar saja, kita juga bisa berkomunikasi dan bersosial dengan orang banyak. Contohnya dengan Media SMS, Chatting, e-mail, dan segala macam yang ada di Internet. Kita bisa mendapatkan banyak teman melalui Jejaring Sosial, mencari tugas di internet, berbagi cerita dengan teman, dan juga berbagi ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak.
    Media Internet sekarang dapat di gunakan oleh semua orang, apalagi sekarang media internet sudah dapat di jangkau dengan harga yang murah dan dapat di akses dimana saja, yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan bersosial dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya bisa di akses di komputer atau pun di laptop saja, Internet juga dapat di akses melalui Handphone yang semakin membuat orang dengan mudah menggunakannya.

1 comment :

  1. sehubungan sudah kembalinya rutinitas pembelajaran softskill,akan lebih baik jika saudara menyisipkan link UG www.gunadarma.ac.id sebagai identitas dan juga menjadi salah satu kriteria penilaian tugas softskill

    ReplyDelete