Friday, October 17, 2014

7 Hal yang Baik Dilakukan Setelah Bangun Tidur

7 Hal yang Baik Dilakukan Setelah Bangun Tidur

Tidur merupakan hal yang harus dilakukan untuk kebaikan tubuh kita. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada makhluk hidup termasuk manusia. Tidur akan membuat tubuh kita kembali bertenaga dan siap untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tidurlah yang cukup karena tidur itu penting.
Setelah selesai tidur, manusia akan terbangun. Bangun pagi-pagi sangat baik untuk tubuh kita. Ada beberapa hal yang baik dilakukan setelah bangun tidur.

1. Mengusap Muka dan Berdoa
Nabi Muhammad SAW selalu mengusap mukanya dengan tangan dan membaca 10 ayat terakhir dari surat Ali-imran setelah bangun tidur. Selain sunnah bagi umat muslim, mengusap muka jelas baik dilakukan setelah bangun tidur, karena dengan mengusap muka kita akan meregangkan otot muka, menghilangkan bekas-bekas tidur, sekaligus menghilangkan kantuk. Dan jangan lupa berdoa menurut agama masing-masing, karena berdoa termasuk salah satu tanda bersyukur kepada tuhan kita.

2. Meregangkan badan
Meregangkan badan setelah bangun tidur ternyata banyak manfaatnya, yaitu meregangkan otot, fleksibilitas sendi tulang, memperlancar aliran darah, serta meninggikan badan. Lakukan ini sesaat agar mengembalikan kesadaran setelah bangun tidur.

3. Duduk sejenak
Duduk sejenak setelah bangun tidur bertujuan untuk mengembalikan kesadaran secara penuh dan menstabilkan tekanan darah, Hal ini bertujuan untuk menghindari agar kita tidak terjatuh saat berjalan dari tempat tidur karena pusing/sempoyongan.

4. Minum air putih
Saat kita tertidur maka tubuh kita tidak menerima asupan cairan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

5. Minum air lemon hangat dan madu
Meminum air lemon hangat yang dicampur madu juga memiliki banyak manfaat saat diminum di pagi hari. Minuman ini dapat membantu melancarkan pencernaan, dapat membantu tubuh melakukan detoks (membuang racun) yang juga bertidak sebagai deuritik (membuat orang ingin buang air kecil), dan juga membantu sistem kekebalan dalam tubuh.

6. Olahraga ringan
Olahraga ringan di pagi hari juga sangat bermanfaat. Apalagi olahraga ringan ini tidak memerlukan waktu yang lama, jadi tidak menyita banyak waktu pagi kita. Lakukan olahraga ringan di pagi hari seperti pemanasan, lari di tempat (bisa menggunakan treadmill) atau berlari mengitari kamar, push up, shit up, pull up, dan scoot jump. Berolahraga di pagi hari akan menjaga tubuh anda tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

7. Sarapan pagi
Setelah melakukan olahraga ringan tubuh kita tentunya akan memerlukan asupan energi, jadi sarapan pagi sangat penting untuk mengembalikan energi yang tadi sempat berkurang di awal hari. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Tidak perlu sarapan dengan makanan berat, karena jika terlalu kenyang akan timbul rasa kantuk dan malas. Cukup sarapan dengan makanan ringan namun sehat, seperti telur, roti, buah pisang dll.

Itulah beberapa hal yang baik dilakukan setelah bangun tidur. Jika ada yang kurang silahkan di tambahkan di komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6

No comments :

Post a Comment