Wednesday, October 15, 2014

Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi yang saya ketahui tentang cara meningkatkan kinerja otak. Sebenarnya ada banyak cara meningkatkan kinerja otak, baik itu dari makanan, aktivitas sehari-hari atau pun kerja keras. Banyak orang yang ingin menjadi pintar/cerdas. Banyak juga orang yang mengira kalau pintar itu merupakan bawaan. Orang yang pintar sebenarnya hanya berhasil menggunakan kemampuan otaknya lebih dari orang-orang biasa. Semua orang pun bisa mengembangkan kemampuan berpikir seperti otak mereka, hanya saja dibutuhkan kemauan dan kerja keras. Berikut akan saya jabarkan satu persatu.

Dimulai dari cara meningkatkan kinerja otak dengan makanan:

1. Madu
Salah satu makanan terbaik untuk otak adalah madu. Madu merupakan campuran lezat vitamin, zat mineral, bio-hormon serta enzim yang dapat merangsang kerja otak dan membantu kita berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stres.
Dua sendok makan madu yang diminum setiap hari setelah sarapan akan memberikan manfaat yang baik untuk kita.

2. Telur
Kuning telur adalah sumber nutrisi yang penuh vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi otak. Makanan murah dan serbaguna tersebut kaya dengan zat besi, yang penting untuk darah merah untuk membawa oksigen ke dalam otak, yang membantu pikiran Anda tetap tajam dan fokus.
Telur adalah sumber vitamin B12 dan iodine, yang meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada anak.

3. Cokelat
Sebatang cokelat susu mampu meningkatkan nilai IQ Anda, cokelat hitam kaya dengan bahan bernama flavonoid, yang akan menambah kemampuan berpikir. Peneliti menemukan bahwa flavonoid memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang menambah kemampuan menyimpan ingatan. Studi menemukan, flavonoid meningkatkan aliran darah ke otak.
Studi lain menemukan bahwa wanita dewasa yang diberikan minuman cokelat yang kaya dengan flavonoid, aliran darah ke otaknya meningkat dalam dua jam dan mereka bisa melakukan pekerjaan mental yang lebih rumit.

4. Buah Alpukat
Alpukat dikenal kaya akan kandungan vitamin B6, zat besi, dan kalium, yang penting untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf. Selain itu di dalam alpukat ini ada lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah. Otomatis, bermanfaat bagi semua organ tubuh. Termasuk otak, jadi otak cukup mendapatkan supply oksigen.

5. Pisang
Pisang sangat baik untuk otak. 100g pisang dapat memasok tubuh dengan sekitar 1,7 mg serotonin yang berguna meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi.
Serotonin juga dikenal sebagai hormon yang memicu rasa bahagia. Satu atau dua buah pisang setiap hari diyakini bisa meningkatkan kinerja otak.

6. Berries
Berries berguna sebagai  penguat otak, dan untuk alasan yang berbeda. Raspberry dan blueberry mengandung senyawa antosianin yang melindungi neuron otak yang terkait dengan memori. Senyawa fisetin Stroberi 'membangun jangka panjang kekuatan memori.
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa memakan sekitar satu cangkir blueberry sehari, nyata dapat meningkatkan daya ingat hanya dalam beberapa bulan.

7. Ikan Teri
Otak kita berkembang pada omega-3 asam lemak. Lemak tak jenuh ganda membantu melindungi otak kita dari penuaan  dan  kehilangan memori, dan juga  dapat  mengusir depresi dan suasana hati yang buruk.
Teri meningkatkan 10 kali omega-3 daripadaikan tuna  dan didapatkan   jauh lebih rendah di kontaminan makanan laut berbahaya seperti merkuri. Ikan kecil juga sarat dengan vitamin D dan kalsium.

8. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli penuh dengan antioksidan, termasuk vitamin C dan betakaroten, yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan otak. Mereka juga mengandung asam folat, yang membantu mempercepat proses informasi dan daya ingat.
Hasil riset yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition juga mengindikasikan bahwa folat yang ditemukan dalam sayur hijau membantu mencegah penurunan daya pikir pada usia tua.

9. Cabai Rawit
Cabai yang penuh dengan capsaicin, senyawa yang paling terkenal untuk penggunaannya sebagai pejuang lemak alami dan pereda nyeri. Namun selain itu cabe juga berguna untuk perkembangan otak  kita.
Otak manusia sebenarnya sarat dengan reseptor untuk capsaicin, yang melepaskan ketenangan mempromosikan endorfin, sehingga lebih mudah bagi kita untuk fokus.

10. Bawang Putih
Bawang putih dengan cara yang luar biasa dapat mengurangi kolesterol jahat dan memperkuat sistem kardiovaskular,dan juga memberikan sebuah antioksidan pelindung yang berpengaruh pada otak kita.

Cara meningkatkan kinerja otak melalui aktivitas sehari-hari ada di halaman selanjutnya. Silahkan kunjungi halaman ke 2 untuk melanjutkan...

Pages: 1 2 3

No comments :

Post a Comment