Tuesday, October 14, 2014

Air Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Air sebagai bahan bakar alternatif saat ini sudah mulai diketahui banyak orang. Karena harga BBM yang katanya mau dinaikkan lagi membuat banyak orang yang memanfaatkan air sebagai bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermotor. Sebenarnya ide ini bukan baru ditemukan pada tahun ini, tetapi sudah lumayan lama, yaitu sekitar tahun 2008-2012. Karena saat dicari di mesin pencarian Google ternyata sudah banyak yang membahas hal ini dari tahun 2008, tentunya di negara kita.

Asal usul ide membuat air sebagai bahan bakar alternatif ini saya juga tidak tahu siapa yang memulainya. Yang jelas saat ini sudah banyak orang yang membuatnya. Konsepnya adalah memecah molekul air(H2O) menjadi Hidrogen(H2) dan Oksigen(O2). Hidrogen itulah yang akan berperan sebagai bahan bakar dan Oksigen yang akan menyempurnakan pembakaran. Dengan menggunakan cara ini katanya memiliki beberapa keuntungan, yaitu:
  • Menambah efisiensi dalam pembakaran diruang mesin
  • Mesin bersih dari sisa pembakaran BBM (karena pembakaran yang sempurna sehingga tidak meninggalkan timbal)  
  • Bahan bakar yang kualitasnya rendah, bisa digunakan untuk mendapat output power yang sama dengan menggunakan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik
Berikut ini saya akan share beberapa video tentang air sebagai bahan bakar alternatif.




Kalau video yang di bawah ini isinya orang jepang





Selain menjadi bahan bakar alternatif kendaraan, ternyata air ini bisa juga digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk menyalakan mesin las, yang awalnya harus menggunakan listrik untuk menyalakannya. Konsep dari bahan bakar alternatif ini sepertinya sama saja. Berikut videonya:


Ternyata sudah terbukti bahwa air bisa dijadikan bahan bakar alternatif, hanya saja masih sulit untuk membuatnya sendiri. Apalagi kalau memang air bisa menjadi bahan bakar sepenuhnya, bisa kalah saing deh bahan bakar minyak.

Sekian informasi yang bisa saya berikan, mungkin masih banyak kekurangannya. Kalau ada yang mau menambahkan ya siahkan dikomen saja. Terimakasih...

sumber: kaskus, vivanews, youtube, dan dari berbagai sumber lainnya

No comments :

Post a Comment