Thursday, October 23, 2014

Posisi Tidur dan Pengaruhnya

Posisi tidur memiliki pengaruh yang berbeda-beda tergantung dari posisinya. Ada beberapa macam posisi tidur yang sering dilakukan oleh manusia, diantaranya posisi telentang, menyamping, tengkurap dan meringkuk. Diantara posisi tidur tersebut ada yang memiliki pengaruh baik bagi tubuh dan kesehatan kita, dan ada juga yang memiliki pengaruh tidak baik. Walaupun ketika kita sedang tertidur pulas kita tidak bisa menentukan posisi tidur atau pun mempertahankan posisi tidur kita, jadi sebelum tidur ada baiknya kita memposisikan tubuh kita terlebih dulu ke posisi yang baik dan nyaman.

Berikut ini akan saya jelaskan tentang posisi tidur dan pengaruhnya.

Posisi Tidur dan Pengaruhnya

  • Posisi Tidur Telentang

Pada posisi tidur ini tubuh akan berada pada posisi alaminya. Menempatkan tubuh bagian belakang sebagai tumpuan adalah posisi yang ideal, karena beban tubuh akan terbagi secara merata tanpa memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu. Tidur dengan posisi ini dapat mencegah sakit punggung dan sakit pada leher. Dengan posisi telentang, naiknya asam lambung juga dapat dicegah. Karena wajah menghadap ke atas, posisi ini tidak memicu kemunculan keriput pada wajah. Tetapi, tidur dengan posisi ini membuat dengkuran dapat terjadi dan menimbulkan gangguan pernapasan.


  • Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur ini yang paling banyak di anjurkan oleh dokter, karena baik untuk kesehatan. Tidur menyamping dapat mencegah sakit punggung dan leher, mencegah naiknya asam lambung, dan mengurangi dengkuran. Usahakan tidur menyamping ke arah kanan untuk menjaga kesehatan jantung, karena jantung berada di sebelah kiri dan bila terkena tekanan tubuh akan menimbulkan rasa sesak ketika tidur. Selain itu, posisi tidur menyamping ke kanan merupakan sunnah bagi umat muslim. Karena Posisi ini merupakan posisi tidur yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Kekurangannya adalah posisi tidur yang menyamping bisa menimbulkan kerutan pada wajah.


  • Posisi Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi perut di bawah atau tengkurap adalah posisi tidur yang sangat tidak dianjurkan, karena pada posisi ini perut akan tertekan dan akan menimbulkan masalah pada tulang belakang terutama leher. Pada posisi tengkurap kepala kita akan dipaksa untuk menyamping ke satu sisi, dan akan terus begini sampai kita terbangun. Akibatnya leher akan terasa sakit setelah bangun tidur. Tidur tengkurap juga membuat paru-paru tidak dapat mengembang dengan baik, sehingga pasokan oksigen ke otak kurang maksimal.


  • Posisi Tidur Meringkuk

Posisi tidur ini menyerupai tidur menyamping, cuma bedanya tubuh kita lebih melengkung dan lutut menekuk seperti posisi janin dalam kandungan. Walaupun posisi ini menyerupai posisi menyamping, ternyata posisi ini kurang baik. Karena posisi ini akan merubah posisi tulang belakang menjadi melengkung yang akan mengakibatkan pegal-pegal atau sakit punggung.

Diantara posisi tidur di atas ada beberapa yang berpengaruh baik dan ada juga yang berpengaruh buruk. Tetapi posisi tidur menyamping adalah yang paling baik dan sangat dianjurkan terutama tidur menyamping ke arah kanan, karena selain baik bagi kesehatan posisi ini juga merupakan sunnah bagi umat muslim.

Demikian sedikit penjelasan mengenai posisi tidur dan pengaruhnya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Sumber: 1, 2, 3, 4 

No comments :

Post a Comment