Wednesday, October 22, 2014

Masalah Kantung Mata dan Cara Menghilangkannya

Masalah Kantung Mata


Masalah Kantung Mata dan Cara Menghilangkannya

Masalah kantung mata atau biasa disebut mata panda adalah gangguan kesehatan pada kulit di sekitar mata yang mengalami penipisan serta perubahan warna menjadi lebih gelap. Ada berbagai macam penyebab timbulnya kantung mata, kantung mata yang tiba-tiba muncul biasanya disebabkan karena kurang tidur, kebanyakan tidur, terlalu lama bekerja di depan komputer, kurang minum air, dan banyak makan asin (garam/natrium). Dalam beberapa kasus penyebab kantung mata bisa karena faktor genetik atau keturunan dan proses penuaan.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kantung mata, tetapi sebelumnya harus tau terlebih dahulu penyebab munculnya kantung mata tersebut. Hal ini dimaksudkan agar mudah untuk mencegah kantung mata supaya tidak muncul lagi.

Berikut ini adalah cara menghilangkan kantung mata:

1. Masker Kentang
Kentang mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang berkemampuan akan meringankan peradangan atau inflamasi dan tidak mengandung astrigent. Karena hal tersebut maka banyak ahli yang merekomendasikan penderita kantung mata untuk menggunakan masker dari kentang.

Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan satu buah kentang yang sudah terkupas, iris tipis-tips dan tumbuk hingga halus, lalu gunakan kentang yang sudah halus sebagai masker di area sekitar mata, tunggu sampai 30 menit, jika sudah mata jangan lupa dibersihkan.

2. Masker Bengkoang
Buah ini kaya akan mineral, vitamin C dan B1 yang mana setiap nutrisinya baik untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Karena bengkoang juga memberi kesegaran pada kulit, menggunakannya untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata juga terbukti efektif.

Caranya hampir sama dengan masker kentang, bedanya bengkoang ini diparut, sebelum diparut dikupas dulu, karena bengkoang ini bagus untuk seluruh kulit jadi lebih baik gunakan sebagai masker muka selama 15 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin.

3. Irisan Mentimun
Timun dapat memberikan kesegaran yang lebih untuk mata, jadi cukup mengkompres kedua mata dengan irisan timun selama 20 menit dapat menghilang lingkaran hitam serta kerutan di daerah mata.

4. Irisan Tomat
Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Tomat juga tidak menimbulkan rasa perih, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai masker di daerah mata.

5. Teh Celup Bekas
Teh celup bekas mempunyai manfaat untuk merdakan mata lelah dan bangkak, teh hijau sangat baik untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit, karena teh hijau mengandung tanin yang digunakan untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Untuk manusia tanin berfungsi sebagai sebagai pelawan gigitan serangga yang efektif serta dapat mengobati luka bakar akibat sinar matahari. Sangat cocok untuk menghilangkan kantung mata.

Caranya cukup tempelkan teh celup bekas yang sudah direndam air dingin ke kedua mata setiap pagi dan menjelang tidur.

6. Kompres dengan air dingin
Penggunaan air dingin berfungsi untuk menormalkan kembali sirkulasi darah disekitar mata dan mengembalikan kesegaran mata sehingga bengkak pada mata dapat menghilang.

Caranya mudah, siapkan air yang berisi es batu dan selembar kain bersih, lalu celupkan kain bersih tadi ke dalam air, kemudian kompreskan di kedua mata dan sekitarnya. Jika kain sudah dirasa tidak dingin lagi, celupkan kembali kain tersebut dankempreskan lagi. ulangi selama 5 menit.

7. Berikan Pijatan ringan di kelopak mata
Salah satu penyebab munculnya kantung mata adalah karena disekitar mata hampir tidak mendapatkan rangsangan sama sekali. Maka berikanlah pijatan ringan sesekali dengan menaruh jari telunjuk di sekitar mata , kemudian berikanlah pijatan dengan cara memutar mengelilingi kelopak mata. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan sistem aliran darah menjadi lebih lancar. Lakukan hal ini paling tidak seminggu sekali selama 5-10 menit.

Itulah sedikit penjelasan mengenai masalah kantung mata dan cara menghilangkannya. Semoga dapat membantu. Terima kasih.

Sumber: 1, 2, 3, 4

No comments :

Post a Comment